Gunung Sitoli, seputartapanuli.com – Masyarakat Desa Gawu-Gawu Bouso kini merasakan sedikit kemerdekaan setelah jalan di desa mereka dibuka oleh satuan tugas (Satgas) TMMD ke-110 Kodim 0213/Nias.

Sebelumnya, masyarakat kedua desa itu sangat kewalahan dalam mengangkut dan memasarkan hasil pertanian dan perkebunan mereka karena ketiadaan akses jalan.

Menurut Ama Geniel Zega, tokoh masyarakat Desa Gawu-Gawu Buoso, selain kewalahan dalam mengangkut dan memasarkan hasil pertanian, masyarakt juga terpaksa menyusuri sungai Bouso yang panjangnya kurang lebih 2 Km untuk mencapai lokasi pertanian mereka. Terutama masyarakat yang bekerja sebagai petani sawah di Desa Gawu-Gawu Bouso yang merupakan lumbung pertanian khususnya padi.

“Dengan adanya pembukaan badan jalan ini, warga lebih cepat dan keselamatan juga terjamin. Warga tidak lagi harus menyusuri sungai Bouso yang sewaktu-waktu bisa meluap dari hulu sungai,” ucap Ama Geniel, Senin (15/3), saat memperlihatkan sungai Buoso.

Ia pun mengucapkan terima kasih kepada TNI, khususnya Kodim 0213/Nias  dan Pemerintah Kota (Pemkot) Gunung Sitoli karena telah membuka akses jalan di wilayah mereka.

“Mudah-mudahan dengan dibukanya jalan itu perekonomian masyarakat Desa Gawu-Gawu Buiso dan Desa Loloana’a Lolomoyo dapat semakin,” tutupnya. (Jhonny Simatupang)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *