Tapanuli Tengah, SeputarTapanuli.com – Satuan Tugas (Satgas) TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-108 Komando Distrik Militer (Kodim) 0211/Tapanuli Tengah (TT) semakin maksimalkan penggunaan dua alat berat, Bulldozer dan Excavator dalam upaya percepatan pembukaan jalan baru dan pembangunan jembatan di daerah sasaran TMMD di Kecamatan Sosorgadong, Kabupaten Tapanuli Tengah (Tapteng), Sumatera Utara (Sumut).

Sehari sebelumnya kedua alat berat itu (Bulldozer dan Excavator), dimanfaatkan untuk pemaksimalan pembukaan dan perehaban jalan dan pembangunan jembatan. Namun hari ini, Jumat (24/7), kedua alat berat itu dipergunakan untuk membentuk badan jalan yang telah terbuka secara keseluruhan dan memotong bukit yang tinggi agar lebih landai.

Alat berat yang memiliki Backet yang ukuran cukup besar itu (Excavator), juga berupaya menimbun lembah yang dinilai akan membahayakan pengendara yang melintas. Serta, membuat sejumlah parit (drainase) saluran air keluar dari bahu jalan.

Anggota Satgas, Serma Noverman Harefa dan Serda PG Simbolon, tampak cukup serius mengawasi kinerja kedua alat berat tersebut untuk memaksimalkan proses pembangunan infrastruktur di tiga desa sasaran TMMD di Kecamatan Sosorgadong, Tapteng, yakni Desa Huta Tombak, Huta Baringin dan Siantar Ca.

Infrastruktur tersebut berupa pembukaan jalan baru sepanjang 1.850 meter (1,85 km) dengan lebar 8 meter, pembuatan parit jalan, pengrehaban jalan sepanjang 3.700 meter (3,7 km) dengan lebar 8 meter, penggalian parit kiri/kanan badan jalan 1.850 meter (1,85 km) dan perataan badan jalan 1.850 meter (1,85 km). Selanjutnya pembuatan jembatan sementara sebanyak 7 unit.

“Kita akan berupaya membentuk badan jalan sebaik mungkin. Sehingga, jalan ini nantinya bukan saja nyaman untuk transportasi roda dua, tetapi juga roda empat,” kata Noverman.

Menurutnya, penggunaan kedua alat berat itu juga guna mendapatkan hasil yang baik sesuai dengan tenggang waktu yang tersedia. Dengan menggunakan Bulldozer dan Excavator, pembukaan dan perehaban jalan dan pembangunan jembatan akan jauh lebih cepat

“Hasilnya juga sangat baik,” tukas Noverman.

Komandan SSK Satgas TMMD ke-108 Kodim 0211/TT, Kapten (Inf) Syahrial Batubara, mengakui hal itu. Pihaknya aku Syahrial, masih akan terus menyempurnakan pembukaan jalan baru itu bersama-sama warga dalam upaya mengejar target pekerjaan.

“Kita berharap sinergitas dan kekompakan seluruh anggota Satgas bersama warga tetap terjaga dengan baik. Sehingga memudahkan kita dalam menyelesaikan setiap pekerjaan di lokasi TMMD ini,” tukas Syahrial.

Program TMMD ke-108 Kodim 0211/TT di Kecamatan Sosorgadong tersebut ditarget selesai pada 29 Juli 2020 mendatang atau tepat satu bulan sejak program itu dicanangkan pada 30 Juni 2020 lalu.
(Jhonny Simatupang)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *