1Tapanuli Tengah, SeputarTapanuli.com – Kondisi panas terik matahari tidak menyurutkan semangat Satuan Tugas (Satgas) TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-108 Komando Distrik Militer (Kodim) 0211/Tapanuli Tengah (TT), untuk terus bekerja membuka jalan baru penghubung tiga desa di Kecamatan Sosorgadong, Kabupaten Tapanuli Tengah (Tapteng), Sumatera Utara (Sumut). Jalan penghubung tiga desa itu rencananya akan dibuka sepanjang 39 Km.

Bukan hanya dibawa panas terik matahari, pun dibawah hujan, Satgas TMMD, tetap bekerja tanpa kenal lelah. Malah mereka bersama Polri dan masyarakat tetap semangat memberikan yang terbaik demi percepatan target pembukaan jalan baru penghubung tiga desa di wilayah Kecamatan Sosorgadong itu.

Adapun ke tiga desa yang akan dihubungkan itu, tak lain adalah Desa Huta Tombak, Huta Baringin dan Siantar Ca. Ketiga desa ini selama ini terbilang terisolir karena akses jalan menuju ke desa-desa itu masih sulit.

Menurut Satgas Pengawas, Serma Noverman Harefa, bukan hanya panas terik matahari dan hujan yang menjadi tantangan, tapi medan yang cukup berat merupakan tantangan utama Satgas TMMD. Satgas harus memotong bukit, menimbun jurang dan jenis pekerjaan berat lainnya karena mengingat lokasi pekerjaan berada di perbukitan dan pegunungan.

“Tapi itu semua harus bisa kita lalui bersama dengan rekan lainnya dan saling bahu membahu memberikan arahan dan juga saling berkoordinasi dengan operator alat berat. Hal itu guna mewujudkan jalan penghubung antara Desa Siantar Ca menuju Desa Huta Baringin dan Desa Huta Tombak,” beber Noverman.

Hal itu dibenarkan warga F Siahaan. Bagaimana pun tantangannya, warga ungkap Siahaan akan tetap bersama-sama dengan Satgas untuk saling bersinergi dan kompak untuk mencapai hasil yang maksimal dalam target utama TMMD ke-108.

“Kami siap mendukung sepenuhnya, untuk pembangunan desa yang kami cintai ini. Kehadiran Program TMMD, Kami harapkan dapat membuat desa kami lepas dari keterisoliran,” harapnya.

Komandan Satgas (Dansatgas) TMMD ke-108 Kodim 0211/TT, Letkol (Inf) Dadang Alex, mengakui hal itu. Apapun tantangannya, Satgas TMMD ke-108 Kodim 0211/TT akan berupaya memberikan pengabdian yang terbaik buat rakyat melalui percepatan pencapaian target pembangunan jalan baru dan jembatan di Desa Huta Tombak-Huta Baringin-Siantar Ca.

“Maka itu sinergitas dengan rakyat terus dijalin untuk mewujudkan sasaran fisik tersebut. Termasuk sinergitas antara operator alat berat dengan Satgas yang melakukan pengawasan,” ujarnya.

Dadang mengakui, proses pembukaan jalan baru itu dilakukan dengan menggunakan alat berat Excavator dan Bulldozer. Sementara, dibelakang mengikuti tenaga manual yang terdiri dari Satgas dan warga sekitar.

“Di posisi belakang, Satgas bersama masyarakat mengerjakan secara manual mana yang perlu dirapikan. Misal, pembuatan parit kecil dan aneka kerja lainnya,” pungkasnya. (Jhonny Simatupang)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *