Tapanuli Tengah, SeputarTapanuli.com – Satuan Tugas (Satgas) TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-108 Komando Distrik Militer (Kodim) 0211/Tapanuli Tengah (TT) bersama masyarakat terus bahu-membahu menyelesaikan sasaran fisik pembukaan jalan baru dan jembatan. Dengan terbukanya jalan baru dan terbangunnya jembatan akan berdampak pada peningkatan perekonomian masyarakat sekitar, khususnya para petani.

“Kegiatan itu berlangsung di Desa Siantar Ca, Kecamatan Sosorgadong, Kabupaten Tapanuli Tengah (Tapteng), Sumatera Utara (Sumut),” sebut Komandan Satgas TMMD ke-108 Kodim 0211/TT, Letkol (Inf) Dadang Alex, kepada awak media, Kamis (16/7).

Dadang yang juga Dandim 0211/TT ini menyebutkan, kegiatan pembukaan jalan sepanjang 1.850 meter (1,85 km) dengan lebar 10 meter tersebut akan menghubungkan Desa Siantar Ca menuju Desa Huta Tombak. Selain pembukaan badan jalan itu, Satgas TMMD) juga melanjutkan pembukaan jalan dan pembuatan drainase (parit) kiri dan kanan jalan.

“Sasaran fisik lainnya, Satgas TMMD juga akan mengerjakan pembangunan jembatan dengan panjang 14 meter dan lebar 6 meter. Jembatan ini merupakan akses melintasi sungai yang cukup lebar dan jika hendak dilintasi dengan menyenangi berjalan kaki, sangat sulit dan berbahaya,” ujarnya.

Dia mengungkapkan pembukaan jalan dan jembatan akan berpengaruh signifikan terhadap peningkatan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat. Pembangunan desa pun akan semakin cepat.

“Maka masyarakat sekitar lokasi menjadi lebih bersemangat lagi, dalam mendukung pelaksanaannya hingga selesai,” tuturnya.

Kepala Desa Siantar CA, Arisman Tarihoran, menjelaskan lokasi jalan yang dibuka cukup sulit, karena memiliki medan perbukitan. Namun, jika jalan itu tembus terbuka, maka akan memberikan banyak manfaat kepada masyarakat sekitar.

“Dengan adanya jalan itu, akan mempermudah dan memperlancar pengangkutan hasil pertanian dan hasil bumi warga. Biaya operasional akan lebih murah, tentunya keuntungan ini sangat dinikmati masyarakat,” ujarnya.

Bukan hanya warga Desa Siantar Ca lanjut dia, warga Desa Huta Tombak dan Huta Baringin juga akan merasakan manfaat pembukaan jalan baru tersebut. Termasuk Kelurahan Sosorgadong sebagai penerima manfaatnya.

“Kita berharap, jalan dan jembatan yang dikerjakan oleh Bapak-Bapak Satgas TMMD akan selesai dalam tenggang waktu yang tersedia. Kita akan selalu bersinergi dengan instansi terkait, mewujudkan hal itu,” tukasnya.

Sementara itu, di lokasi pembukaan jalan baru, Serma N Harefa yang ditemui lagi mengawasi kinerja excavator mengakui, kondisi Medan perbukitan serta intensitas hujan yang turun, sangat berpengaruh terhadap cepat tidaknya pembukaan jalan baru.

“Namun kita akan berupaya semaksimal mungkin untuk memberikan hasil yang terbaik. Sesuai tenggang waktu yang diberikan,” paparnya.

Pelaksanaan pembukaan jalan baru ini merupakan sasaran fisik pada program TMMD ke-108 Kodim 0211/TT. Kegiatan Tahun Anggaran (TA) 2020 itu didukung oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tapteng, masyarakat, Polri, Bataliyon Infanteri (Yonif) 123/Rajawali (RW) Padangsidempuan, Pangkalan TNI AL (Lanal) Sibolga, Sat Radar 234/Sibolga dan Instansi lainnya. (Jhonny Simatupang)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *