Sibolga, seputartapanuli.com – Jamaluddin Pohan-Pantas Maruba Lumban Tobing sah memimpin Kota Sibolga, Sumatera Utara (Sumut) lima tahun ke depan setelah keduanya resmi dilantik sebagai Wali Kota dan Wakil Wali Kota Sibolga oleh Gubernur Sumatera Utara (Gubsu), Edy Rahmayadi.

Acara pelantikan keduanya dilangsungkan di Aula Tengku Rizal Nurdin di Kantor Gubernur Sumatera Utara di Kota Medan, Jumat (26/2) sore sekira pukul 15.00 WIB, bersama dengan 4 Kepala Daerah (KDh) lainnya hasil Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 9 Desember 2020.

Ke-4 Kdh hasil Pilkada Serentak 9 Desember 2020 itu, yakni Bupati dan Wakil Bupati Pakpak Bharat, Bupati dan Wakil Bupati Labuhanbatu Utara, Bupati dan Wakil Bupati Tapanuli Selatan (Tapsel), Bupati dan Wakil Bupati Toba.

Namun sebelumnya Gubsu Edy Rahmayadi telah melantik 6 KDh lainnya hasil Pilkada Serentak 9 Desember 2020, seperti Wali Kota dan Wakil Wali Kota Medan, Wali Kota dan Wakil Wali Kota Binjai, Wali Kota dan Wakil Wali Kota Tanjung Balai. Kemudian Bupati dan Wakil Bupati Serdang Bedagai (Sergei), Bupati dan Wakil Bupati Asahan, Bupati dan Wakil Bupati Humbang Hasundutan (Humbahas).

Wali Kota dan Wakil Wali Kota Sibolga yang baru, Jamaluddin Pohan-Pantas Maruba Lumban Tobing. (seputartapanuli/ist)

Dalam sambutan dan arahannya pada acara pelantikan Jamal-Pantas bersama 4 KDh lainnya, Gubsu Edy Rahmayadi menekankan kepada seluruh Wali Kota dan Wakil Wali Kota serta Bupati dan Wakil Bupati yang dilantik agar merangkul kembali seluruh elemen masyarakat sekembalinya ke daerah untuk memimpin serta dapat mengemban amanah untuk kesejahteraan rakyat.

“Sekalipun sebelumnya dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) kita tidak didukung,  tapi setelah dilantik, itu tidak lagi mutlak. Karena tugas kita adalah untuk mensejahterakan rakyat. Partai apapun yang tidak mengusung, itu bukan lagi lawan. Peluk lah semua dan tidak ada alasan untuk tidak berbuat,” tukas Edy.

Ia juga menekankan kepada seluruh Wali Kota dan Wakil Wali Kota serta Bupati dan Wakil Bupati yang dilantik agar loyal kepada Gubsu/Wagubsu serta menjadikan visi dan misi Gubsu/Wagubsu sebagai referensi dalam melaksanakan tugas pemerintahan dan pembangunan di daerah. Menurutnya, visi dan misi yang dilaksanakan oleh Gubsu/Wagubsu juga sejalan dengan visi dan misi Presiden RI dalam rangka mensejahterakan dan mencerdaskan kehidupan bangsa.

“Segera pelajari dan konsolidasikan dengan seluruh elemen daerah. Apabila ada yang tidak tepat, tanyakan kepada Gubsu. Itu lah loyalitas. Tidak ada alasan tidak loyal. Sumut ini adalah milik kita. Nakhoda Sumut sekarang adalah Edy Rahmayadi dan di daerah adalah anda-anda. Ini lah loyalitas. Enak dimakan dan tidak enak dimakan,” tuturnya.

Begitu juga dia menekankan kepada seluruh Wali Kota dan Wakil Wali Kota serta Bupati dan Wakil Bupati dilantik agar melaksanakan instruksi Gubernur. Diharapkan tidak ada yang tidak sejalan atau bertentangan dengan instruksi Gubernur. Sebab kata dia, instruksi Gubernur keluar sudah melalui kajian ilmiah dan kajian parlemen. Bagi yang melaksanakan dan tidak melaksanakan pastinya akan mendapatkan reward dan punishment.

“Saya berharap tidak menggunakan punishment ini dalam pelaksanaannya. Serta jangan lah berbuat salah saudara-saudaraku, karena satu anda salah, maka Sumatera Utara (Sumut) ini akan malu,” tukas Edy.

Sebelum mengambil sumpah jabatan Wali Kota dan Wakil Wali Kota serta Bupati dan Wakil Bupati yang akan dilantik, Gubsu, Edy Rahmayadi, terlebih dahulu mengingatkan bahwa sumpah atau janji yang akan di ucapkan mengandung arti tanggung jawab kepada bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) serta tanggung jawab kepada Undang-Undang Dasar (UUD) 1945 dan terhadap kesejahteraan rakyat. Disamping pengambilan sumpah dan janji disaksikan oleh Allah SWT.

Selanjutnya Gubsu, Edy Rahmayadi menyematkan tanda jabatan kepada masing-masing KDh.

Setelah resmi dilantik dan sah menjabat sebagai Wali Kota Sibolga, Jamaluddin Pohan didampingi Wakilnya Pantas Maruba Lumban Tobing, mengajak seluruh masyarakat Sibolga bersama-sama dan bekerja sama bersama pasangan Jamal-Pantas dalam mewujudkan ‘Sibolga Sehat, Pintar dan Makmur’. Hal itu sebagaimana dengan visi misi pasangan Jamal-Pantas dalam Pilkada Sibolga 2020.

“Setelah (pelantikan) ini, Senin, 1 Maret 2021, kita akan Paripurna bersama DPRD Sibolga, kemudian dilanjutkan acara silaturahim di Pendopo Rumah Dinas (Rumdis) Wali Kota Sibolga,” ucap Jamal, yang demikian namanya akrab dipanggil ini.

Namun sebelumnya, pria yang dikenal rendah hati dan pernah menjabat sebagai Wakil Bupati dan Ketua DPRD Tapanuli Tengah (Tapteng) ini mengucapkan terima kasih kepada seluruh masyarakat Sibolga dan memohon maaf atas perubahan tempat pelantikan yang semula direncanakan secara virtual di gedung DPRD Sibolga.

“Mohon maaf kami sampaikan, rencana awal pelantikan ini akan digelar di gedung DPRD Sibolga, namun ada perubahan tempat sehingga pelantikan dilaksanakan di Medan,” katanya.

Wakil Ketua DPRD Sibolga, Jamil Zeb Tumori, yang dihubungi terpisah sebelumnya usai menyaksikan acara pelantikan Wali Kota dan Wakil Wali Kota serta Bupati dan Wakil Bupati oleh Gubsu Edy Rahmayadi, khususnya pelantikan Jamaluddin Pohan-Pantas Maruba Lumban Tobing sebagai Wali Kota dan Wakil Wali Kota Sibolga dari gedung DPRD Sibolga secara virtual, juga seperti Gubsu, Edy Rahmayadi, menaruh harapan besar kepada seluruh KDh yang dilantik, khususnya kepada Wali Kota dan Wakil Wali Kota Sibolga yang baru, Jamaluddin Pohan-Pantas Maruba Lumban Tobing untuk dapat merangkul kembali seluruh elemen masyarakat.

“Kita sependapat dengan harapan Gubsu tersebut. Khususnya kepada Wali Kota dan Wakil Wali Sibolga yang baru, Jamaluddin Pohan-Pantas Maruba Lumban Tobing, kiranya dapat kembali merangkul seluruh masyarakat setelah mereka resmi memimpin Kota Sibolga,” ucapnya.

Ketua DPD II Golkar Sibolga ini juga berharap kepada Wali Kota dan Wakil Wali Kota Sibolga yang baru, Jamaluddin Pohan-Pantas Maruba Lumban Tobing, ke depan mampu mewujudkan program pembangunan yang telah dicanangkan dalam mewujudkan ‘Sibolga Sehat, Pintar, dan Makmur‘ nantinya.

“Tentunya kita berharap kepada Wali Kota dan Wakil Wali Kota Sibolga yang baru dapat semakin meningkatkan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Sibolga,” tukasnya.

Pelaksanaan pelantikan Wali Kota dan Wakil Wali Kota serta Bupati dan Wakil Bupati yang baru oleh Gubsu, Edy Rahmayadi, di Kota Medan itu, juga turut disaksikan oleh seluruh pejabat Pemerintah Kota (Pemkot) Sibolga dan anggota DPRD serta Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Sibolga.

Acara itu disaksikan secara virtual dari gedung DPRD Sibolga bersama dengan sejumlah pengurus partai politik (Parpol), masyarakat dan tim sukses Jamal-Pantas pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Sibolga 2020 lalu.

Setelah melantik Wali Kota dan Wakil Wali Kota serta Bupati dan Wakil Bupati terpilih hasil Pilkada Serentak 9 Desember 2020, Gubsu, Edy Rahmayadi, juga rencananya akan melantik para istri Wali Kota dan Wakil Wali Kota serta Bupati dan Wakil Bupati terlantik sebagai Ketua dan Wakil Ketua PKK dan Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda). (Jhonny Simatupang)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *