Tarutung, SeputarTapanuli.com – Komando Distrik Militer (Kodim) 0210/Tapanuli Utara (TU), Sumatera Utara (Sumut) menggelar Latihan Posko I 2020, bertempat di Makodim 0210/TU di Tarutung, Kamis (18/6). Kegiatan itu guna menyiapkan satuan kewilayahan yang profesional.

Latihan Posko I Kodim 0210/TU itu dibuka oleh Komandan Resort Militer (Danrem) 023/Kawal Samudera (KS), Kolonel (Inf) Tri Saktiyono, diwakili Kepala Seksi Perencanaan (Kasiren) 023/KS, Letkol (Arm) Masturi, selaku Wakil Komandan Latihan (Wadanlat).

Dalam sambutannya yang dibacakan oleh Wadanlat Letkol (Arm) Masturi, Danrem 023/KS, Kolonel (Inf) Tri Saktiyono, menyebutkan bahwa Latihan Posko I Kodim 0210/TU ini tujuannya adalah untuk mengetahui tingkat kemampuan komunikasi antara komandan satuan dengan para perwira staf. Khususnya komunikasi dengan para prajurit dalam rangka pelaksanaan operasi pemberian bantuan kepada pemerintah daerah (Pemda).

“Hal ini sesuai tema yang diangkat kali ini, yaitu Kodim Melaksanakan Tugas Bantuan Kepada Pemerintah Daerah di Wilayahnya Dalam Rangka Penanganan Akibat Bencana Non Alam,” kata Tri.

Maka itu ungkap Tri, Latihan Posko I kali ini penting dilaksanakan sebagai kesiapan dan kerja sama antara Kodim 0210/TU dengan instansi terkait yang akan tergabung dalam satuan tugas siaga penanggulangan dampak Pandemi COVID-19, khususnya di wilayah Kodim 0210/TU dalam penanggulangan bencana Nasional serta membangun sistem komando dan pengendalian sesuai dengan prosedur yang berlaku.

“Sebagai satuan kewilayahan atau teritorial, sudah semestinya dapat berkolaborasi dengan seluruh komponen masyarakat yang ada, agar semua permasalahan dapat teratasi,” pungkas Tri. (Jhonny Simatupang)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *