Sibolga, SeputarTapanuli.com – Pasangan Bakal Calon (Bacalon) Wali Kota dan Wakil Wali Kota Sibolga dari Jalur Perseorangan, Ahmad Sulhan Sitompul dan Edward Siahaan, atau disingkat Pasangan ASSED, mendaftar ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sibolga, Minggu (6/9). Namun Edward tidak didampingi Bacalon Wali Kotanya, Sulhan Sitompul, karena dia juga terkonfirmasi Positif COVID-19.

Pasangan ini menjadi pendaftar ketiga di kantor penyelenggara Pemilu tersebut. Kedatangan Bacalon Wakil Wali Kota, Edward Siahaan, bersama tim dan rombongannya disambut langsung Ketua KPU Sibolga, Khalid Walid, dan seluruh Komisoner KPU Sibolga beserta Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Sibolga.

“Sesuai hasil pemeriksaan dari Rumah Sakit (RS) Adam Malik Medan, Bacalon Wali Kota Sibolga, Sulhan Sitompul, dinyatakan Positif COVID-19 dan Bacalon Wakilnya, Edward Siahaan, dinyatakan negatif,” kata Ketua KPU Sibolga, Khalid Walid, dalam keterangannya kepada wartawan usai menerima pendaftaran pasangan ASSED.

Khalid mengakui, sesuai jadwal pendaftaran, Bacalon memang wajib mengikuti Swab Test sebelum mendaftar ke KPU Sibolga sebagai peserta di Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Sibolga 2020.

“Apabila ada Bacalon yang Positif COVID-19, maka pemeriksaan kesehatan ditunda menunggu pemeriksaan selajutnya sampai negatif COVID-19,” tuturnya.

Divisi Teknis KPU Sibolga, Salmon Tambunan, mengungkapkan Pasangan ASSED yang maju lewat jalur perseorangan ini, sebelumnya menyerahkan sebanyak 8.522 Kartu Tanda Penduduk (KTP) sebagai syarat dukungan. Sementara KPU hanya mensahkan 7.086 KTP dengan syarat minimal 6.470 KTP yang tersebar di 4 Kecamatan di Kota Sibolga.

“Artinya, pasangan ASSED saat itu dinyatakan lolos verifikasi faktual,” ujar Salmon.

Bacalon Wakil Wali Kota Sibolga, Edward Siahaan, mengucapkan terima kasih kepada masyarakat Sibolga yang telah memberikan dukungan kepada pasangan ASSED. Dia juga mengucapkan terima kasih kepada masyarakat Sibolga karena dengan itu pasangan ASSED bisa mendaftar ke KPU Sibolga.

“ASSED ada karena Rakyat dan ASSED akan bersama Rakyat membangun Sibolga. Semoga  dengan semangat dan kerja keras selama ini, dapat mengantar pasangan ASSED sebagai pemimpin Sibolga lima tahun ke depan,” pungkas Edward.

Pasangan ASSED yang diwakili Bacalon Wakil Wali Kota Sibolga, Edward Siahaan, berangkat dengan berjalan kaki dari Center mereka di Jalan Suprapto menuju kantor KPU Sibolga. Bacalon Wali Kota Sibolga, Sulhan Sitompul, yang tidak serta karena dinyatakan Positif COVID-19 dikabarkan sedang menjalani isolasi mandiri. (Haposan Simbolon)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *