Padangsidimpuan, SeputarTapanuli.com – Sama seperti TNI di daerah lain di Indonesia, Prajurit TNI dari Bataliyon Infanteri (Yonif) 123/Rajawali (RW) di Kota Padangsidempuan, Sumatera Utara (Sumut), juga mengikuti Upacara Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-75 TNI dari Istana Negara. Namun kali ini, kegiatan itu diikuti pasukan tempur TNI itu lewat Virtual.

Upacara Virtual HUT ke-75 TNI yang diikuti oleh seluruh Prajurit Yonif 123/RW itu juga dipimpin langsung Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi) sebagai Inspektur Upacara (Irup) lewat siaran Live (Langsung) dari kanal YouTube Pusat Penerangan (Puspen) TNI dan Sekretariat Presiden.

Adapun Upacara Virtual HUT ke-75 TNI yang diikuti Prajurit Yonif 123/RW itu dilakukan dibeberapa tempat, antara lain di Markas Komando (Mako) Yonif itu di Kota Padangsidimpuan, di markas Kipan A Tarutung, markas Kipan B Kabupaten Mandailing Natal (Madina) dan markas Kipan C di Kabupaten Padang Lawas Utara (Paluta).  Bahkan Prajurit dan keluarganya yang menyaksikan di rumah juga turut.

Danyonif 123/RW, Mayor (Inf) Goklas Pirtahan Silaban, bersama prajurit Yonif 123/RW ketika mengikuti Upacara Virtual HUT ke-75 TNI di Mako Yonif 123/RW di Kota Padangsidempuan, Senin (5/10). (SeputarTapanuli/Dok Penrem 023/KS).

Pada Upacara itu, Presiden Jokowi, mengapresiasi peran dan tugas TNI selama ini, terlebih dalam penanganan Pandemi COVID-19. Baik penegakan Protokol Kesehatan (Prokes) maupun Rumah Sakit (RS) dan tenaga medis. Namun Presiden berharap kepada TNI agar selalu bersikap professional dan menjadi kebanggaan rakyat Indonesia.

“Dirgahayu TNI. Teruslah menjadi tentara profesional dan menjadi kebanggaan rakyat,” tukas Jokowi.

Di tahun-tahun sebelumnya, peringatan HUT TNI yang digelar oleh TNI di seluruh wilayah dalam Negeri maupun Luar Negeri, tidak terkecuali Yonif 123/RW, selalu dilakukan meriah di lapangan upacara dengan mengundang masyarakat. Tapi kali ini atau tahun ini (2020), peringatan digelar secara Virtual di Istana Negara, karena mengingat situasi Pandemi COVID-19. (Jhonny Simatupang/ril)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *