Tapanuli Tengah, SeputarTapanuli.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tapanuli Tengah (Tapteng), Sumatera Utara (Sumut), sukses menggelar upacara penaikan dan penurunan bendera merah putih dalam rangka peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-75 Republik Indonesia (RI) di Lapangan Upacara SMA Negeri 1 Matauli Pandan, Senin (17/8). Kegiatan itu dilaksanakan dibawah Protokol Kesehatan COVID-19.

Pada upacara penaikan bendera merah putih yang dimulai pukul 07.00 WIB itu, bertindak sebagai Inspektur Upacara,(Irup), Wakil Bupati Tapteng, Darwin Sitompul dan Komandan Upacara, AKP Agus Adhitama, yang juga Kepala Satuan (Kasat) Pembinaan Masyarakat Binmas) Kepolisian Resort (Polres) Tapteng.

“Sedangkan pada upacara penurunan bendera merah putih yang digelar pada pukul 16.00 WIB, bertindak sebagai Irup adalah Bapak Bupati Tapteng, Bakhtiar Ahmad Sibarani, dan Komandan Upacara, Lettu (Lek) Andi Fauzi, Kasi Bantek Dishar Satrad 234 Sibolga,” kata Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Tapteng, Dedi Sudarman Pasaribu.

Dedi mengungkapkan, upacara penaikan dan penurunan bendera merah putih di Tapteng berjalan lancar dan penuh hikmat dengan tetap menerapkan Protokol Kesehatan di masa Pandemi COVID-19. Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) beserta seluruh panitia yang terlibat dalam rangkaian acara HUT ke-75 RI berhasil melaksanakan tugasnya dengan baik dan lancar.

“Setelah upacara penaikan bendera merah putih, acara dilanjutkan dengan mengikuti upacara peringatan detik-detik Proklamasi langsung dari Istana Negara Jakarta. Kegiatan itu dipimpin oleh Presiden RI, Joko Widodo, sebagai Inspektur Upacara (Irup) secara virtual melalui aplikasi zoom dan live streaming (Youtube) di ruang rapat Cenderawasih kantor Bupati Tapteng,” imbuhnya.

Pada sore harinya lanjut Dedi, setelah upacara penurunan bendera merah putih yang juga digelar dilokasi yang sama, yakni di lapangan upacara SMAN 1 Matauli Pandan, dilanjutkan dengan mengikuti upacara penurunan bendera merah putih yang juga digelar langsung dari Istana Negara Jakarta.

“Kegiatan ini juga digelar secara virtual melalui aplikasi zoom dan Live Streaming (Youtube) di ruang rapat Cenderawasih kantor Bupati Tapteng,” tukasnya.

Upacara penaikan dan penurunan bendera merah putih dalam rangka peringatan HUT ke-75 RI di Tapteng tersebut dihadiri oleh Komandan Resort Militer (Danrem) 023/KS, Kolonel (Inf) Fabriel Buyung Sikumbang, bersama Ketua Persit KCK Koorcabrem 023 PD I/BB, Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Tapteng beserta istri, Ketua dan Wakil ketua DPRD Tapteng dan perwakilan Legiun Veteran Tapteng.

Kemudian Wakil Ketua Tim Penggerak PKK dan jajaran, Sekretaris Daerah Kabupaten (Sekdakab) Tapteng, para Assisten, para Pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD), serta barisan TNI-Polri dan Paduan Suara SMA Swasta St Fransiskus dan Marching Band dari Polres Tapteng.(Jhonny Simatupang)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *