1Tapanuli Tengah, SeputarTapanuli.com – Bupati Tapanuli Tengah (Tapteng), Bakhtiar Ahmad Sibarani, menyalurkan bantuan Saprodi Kegiatan Pengembangan Budidaya Padi Lahan Kering bersumber dari Tugas Pembantuan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) Propinsi Sumatera Utara (Sumut). Bantuan tersebut disalurkan di dua tempat, yaitu di Kecamatan Pasaribu Tobing dan Kecamatan Sirandorung, pada Senin (20/7) lalu.

Di Kecamatan Pasaribu Tobing, bantuan tersebut diserahkan kepada 11 kelompok tani dengan luas lahan 150 Ha. Bantuan tersebut berupa benih padi sebanyak 6.000 kg (6 ton), pupuk NPK sebanyak 7.500 kg (7,5 kg), dan Herbisida sebanyak 300 liter.

Sementara di Kecamatan Sirandorung, diberikan kepada 14 kelompok tani dengan luas lahan 350 Ha. Sama, bantuan itu juga berupa benih padi sebanyak 14.000 kg (14 ton), pupuk NPK sebanyak 17.500 kg (17,5 ton), dan Herbisida sebanyak 700 liter.

Dalam sambutannya, Bupati menerangkan bahwa bantuan itu buah dari upaya Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tapteng sebelumnya yang menyakinkan Pemerintah Pusat lewat Menteri Pertanian (Mentan) sehingga Pemkab Tapteng berhasil mendapatkannya.

Oleh karena itu, Dia pun berharap kepada seluruh kelompok tani penerima untuk bisa memanfaatkannya dengan sebaik-baiknya. Sekaligus juga meminta kepada Ketua dan anggota Kelompok Tani supaya berdoa dan makan bersama terlebih dahulu sebelum turun ke sawah.

“Permintaan saya selanjutnya kepada Tuhan, semoga saat saya datang nanti, Padi Bapak-Ibu sudah berhasil dan hasilnya meningkat signifikan,” tukasnya.

Sementara itu, saat berada di Kecamatan Sirandorung, Bupati juga memberikan perhatian dan dukungan terhadap peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM), di bidang pendidikan. Disana dia memberikan bea siswa kuliah kepada Agus Neni,18, warga Kecamatan Sirandorung, yang lulus di Perguruan Tinggi Negeri (PTN) di Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Padangsidempuan.

Sebelumnya, mantan Ketua DPRD Tapteng itu juga menguliahkan seorang anak laki-laki, warga Desa Saragih, Kecamatan Manduamas, yang baru tamat SMA untuk menempuh pendidikan tinggi di Kota Sibolga. Dia juga menyediakan satu unit rumah kontrakan sebagai tempat tinggal anak tersebut selama menempuh pendidikan tinggi hingga lulus. Hal itu dilakukan karena anak itu tidak memiliki biaya dan adiknya juga baru meninggal dunia, tenggelam saat mandi dibendungan. Namun keinginan anak itu untuk kuliah sangat kuat dan besar.

Turut hadir dalam kegiatan itu, Wakil Ketua DPRD Tapteng, Willy Saputra, Kepala Dinas Pertanian (Kadistan) Tapteng, Iskandar, Camat Pasaribu Tobing dan Sirandorung, Forum Komunikasi Pimpinan Kecamatan (Forkopimka) Kecamatan Pasaribu Tobing dan Sirandorung, para Kepala Desa (Kades) dan Lurah se Kecamatan Pasaribu Tobing dan Sirandorung dan para Penyuluh Pertanian. (Jhonny Simatupang)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *