Tapanuli Tengah, SeputarTapanuli.com – Sebanyak 90 kelompok tani dari tiga Kecamatan di Kabupaten Tapanuli Tengah (Tapteng), Sumatera Utara (Sumut), mendapatkan bantuan benih padi sebanyak 45,625 kg (45,6) ton dari pemerintah daerah (Pemda) itu. Total yang akan dibagikan oleh pemerintah itu sebanyak 72.500 kg (72,50 ton) untuk luas lahan 2.900 Ha.

Bantuan tersebut diserahkan langsung oleh Bupati daerah itu (Tapteng), Bakhtiar Ahmad Sibarani, yang dipusatkan di Kecamatan Barus, Jumat (26/6).

Dari 90 kelompok tani itu, 38 diantaranya berasal dari Kecamatan Barus. Mereka diberikan bantuan benih tersebut sebanyak 21.550 kg (21,5 ton) untuk lahan mereka seluas 862 Ha. Kemudian 39 kelompok dari Kecamatan Sosorgadong dan mereka diberikan sebanyak 23.125 kg (25,1 ton) untuk lahan mereka seluas 925 Ha. Sisanya sebanyak 13 kelompok dari Kecamatan Barus Utara dan mereka ini juga diberikan sebanyak 7.650 kg (7,6 ton) untuk lahan mereka seluas 306 Ha.

Dalam sambutannya, Bakhtiar menyebutkan bahwa bantuan benih padi yang mereka berikan ini merupakan bagian dari upaya Pemkab Tapteng untuk terus meningkatkan produktifitas pertanian dan ketahanan pangan di Tapteng. Maka itu kata dia, pihaknya juga akan terus melakukan perbaikan terhadap irigasi di Tapteng, supaya di tahun-tahun mendatang hasil pertanian dan kebutuhan beras di Tapteng bisa tercukupi.

“Untuk bantuan benih padi ini sendiri, total yang kita sediakan itu sebanyak 72.500 kg (72,50 ton) untuk luas lahan 2.900 Ha. Seluruhnya akan disalurkan kepada kelompok tani di Tapteng,” katanya.

Dia pun berharap kepada masyarakat Tapteng agar memanfaatkan halaman rumah masing-masing untuk ditanami kebutuhan sehari-hari, seperti sayur-sayuran dan lain sebagainya. Kemudian dia juga berharap kepada masyarakat Tapteng agar tidak lagi meminjam kepada rentenir. Menurutnya, bunga pinjaman rentenir tersebut sangat memberatkan masyarakat.

“Semoga kita bisa menjadi penentu pada masa yang tidak menentu ini untuk bersama-sama mewujudkan kesejahteraan masyarakat Tapteng,” tukasnya.

Turut hadir pada kegiatan itu, Ketua DPRD Tapteng, Khairul Kiyedi Pasaribu, Wakil Ketua DPRD Tapteng, Willy Saputra Silitonga, Kepala Dinas (Kadis) Pertanian Tapteng, dan Pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Tapteng, serta Camat, Danramil Barus, Kapolsek Barus, Lurah, Kepala Desa (Kades) Penyuluh Pertanian dan kelompok tani. (Jhonny Simatupang)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *