Sibolga, SeputarTapanuli.com – TNI/Polri bersama Pemerintah Kota (Pemkot) Sibolga, Sumatera Utara (Sumut) kembali turun menggelar Operasi Yustisi penegakan Protokol Kesehatan (Prokes) COVID-19, Selasa (24/11). Warga yang tidak memakai masker dihukum mulai dari menyapu jalan, menyanyikan lagu kebangsaan, pengucapan Pancasila hingga push up.

Operasi Yustisi TNI/Polri bersama Pemkot Sibolga itu digelar di beberapa titik, mulai dari Kedai Kopi Muhsin, Kedai Kopi Bahagia, Sepanjang Jalan Imam Bonjol hingga Sepanjang Jalan Bahagia. Ada sekitar 26 Personil TNI/Polri dan Pemkot Sibolga mulai dari TNI AD, TNI AL, Pemadam Kebakaran (Damkar), Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP), Dinas Perhubungan (Dishub) dan Dinas Kesehatan (Dinkes) terlibat di dalam operasi itu.

Warga Sibolga yang tidak memakai masker saat diberikan tindakan sosial berupa push up dalam Operasi Yustisi yang digelar tim gabungan TNI/Polri bersama Pemkot Sibolga, Selasa (24/11). (SeputarTapanuli/Dok Humas Polres Sibolga)

Kapolres Sibolga, AKBP Triyadi melalui Kasubbag Humas, Iptu Sormin menjelaskan, selain memberikan teguran secara humanis kepada masyarakat yang tidak memakai masker melalui teguran tertulis dengan mencatat identitas mereka sesuai Kartu Tanda Penduduk (KTP) serta tindakan sosial berupa menyapu jalan, menyanyikan lagu kebangsaan, pengucapan Pancasila dan push up, petugas juga memberikan masker serta mencek suhu tubuh masyarakat.

“Sekaligus juga petugas memberikan tindakan persuasif dan edukatif kepada masyarakat pengguna jalan serta mengimbau masyarakat agar tetap memakai masker agar terhindar dari (Klaster) COVID-19 serta tidak menyebar luas di wilayah Kota Sibolga,” kata Sormin.

Sebelum turun menggelar Operasi Yustisi, tim gabungan terlebih dahulu menggelar apel di halaman kantor Satpol PP Pemkot Sibolga, dipimpin Kasie Binluas Satpol PP, Patar Manumpak Siahaan. Sementara kegiatan itu dipimpin langsung Kasatpol PP, Faisal Amri Lubis, didampingi Kanit Dalmas Sat Sabhara Polres Sibolga, Bagas Dwi Akbar.

“Operasi Yustisi ini sendiri dilaksanakan dalam upaya mencegah penularan COVID-19, khususnya dalam Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) sesuai Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 6 Tahun 2020 tentang Pendisiplinan Protokol Kesehatan (Prokes) di wilayah Kota Sibolga dalam rangka kampanye AKB saat Pandemi COVID-19,” pungkas Sormin. (Jhonny Simatupang)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *