Sibolga, SeputarTapanuli.com – Komando Resort Militer (Korem) 023/Kawal Samudera (KS), menggelar Tes Kesegaran Jasmani (Garjas) Periodik II 2020, Selasa,(17/11/2020). Kegiatan yang dilaksanakan Markas Korem (Makorem) itu dilakukan dalam rangka meningkatkan kemampuan fisik prajurit untuk mendukung kelancaran tugas pokok di satuan.

Kegiatan Samapta tersebut meliputi Kesegaran Jasmani A berupa lari 12 menit dan Kesegaran B, berupa Pull Up (Latihan otot punggung dengan bergantungan pada sebuah palang/bar besi dan menarik tubuh sampai bahu sejajar bar/palang besi), Sit Up (Gerakan mengangkat tubuh bagian atas dengan bertumpu pada pinggul dan panggul dengan lutut sedikit ditekuk ke atas untuk menguatkan otot perut), Push Up (Senam kekuatan untuk menguatkan otot bisep maupun trisep) dan Shuttle Run (Gerakan lari dalam meningkatkan kebugaran jasmani yang dilakukan secara bolak-balik dan juga sangat bermanfaat dalam meningkatkan kelincahan).

Sejumlah prajurit sedang melaksanakan lari 12 menit bagian dari kegiatan Tes Kesegaran Jasmani Periodik II 200 yang digelar Korem 023/KS, Selasa (17/11). (SeputarTapanuli/Dok Penrem 023/KS).

Kepala Jasmani Korem (Kajasrem), Kapten (Inf) H Sirait mengatakan, Tes Kesegaran Jasmani Periodik II 2020 tersebut dilaksanakan untuk mengukur dan meningkatkan sejauh mana kemampuan seorang prajurit selama berlatih Pembinaan Fisik (Binsik) di satuan. Hal itu guna mendukung tugas pokok TNI AD khususnya Korem 023/KS.

“Selain disiplin, jago tembak, bela diri, prajurit yang profesional juga harus ditopang dengan fisik yang prima. Fisik yang prima hanya bisa didapatkan dengan latihan. Untuk itu lah, kegiatan Samapta harus rutin dilaksanakan,” tutur Sirait.

Sirait menyebutkan, dalam pelaksanaan Garjas kali ini, pihaknya mengacu pada Protokol Kesehatan (Prokes) yang telah ditetapkan untuk menghindari terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan.

“Dan juga mengutamakan faktor keamanan,” tukasnya. (Jhonny Simatupang/ril).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *