Karo, SeputarTapanuli.com – Komandan Resort Militer (Danrem) 023/Kawal Samudera (KS), Kolonel (Inf) Febriel Buyung Sikumbang, meninjau lokasi terdampak erupsi Gunung Sinabung di Desa Naman Teran dan Tiga Derket, Kecamatan Payung Kabupaten Tanah Karo, Sumatera Utara (Sumut), Rabu (12/8). Gunung aktif itu kembali erupsi pada Senin 10 Agustus 2020 lalu.

Pada kesempatan itu, Danrem menyampaikan kepada seluruh prajurit Komando Distrik Militer (Kodim) 0205/Tanah Karo (TK) untuk selalu siap membantu masyarakat yang terdampak erupsi Gunung Sinabung setiap saat tanpa harus diminta.

Danrem juga mengingatkan kepada masyarakat dan wisatawan untuk tidak melakukan aktivitas dalam radius berbahaya yang telah ditentukan oleh Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Sinabung.

“Jika terjadi hujan abu, saya imbau masyarakat supaya memakai masker bila keluar rumah untuk mengurangi dampak kesehatan dari abu vulkanik,” harap Danrem.

Dalam kunjungan dan peninjauan itu, Danrem didampingi Komandam Satuan Tugas (Dansatgas) Gunung Sinabung Letkol (Kav) Yuli Eko Hadiyanto, yang juga Dandim 0205/TK, Bupati Karo, Terkelin Brahmana, Kapolres Karo, Kepala PVMBG.

Dansatgas Tanggap Darurat Bencana Sinabung, Lrtkol (Kav) Yuli Eko Hadiyant, dalam penyampaiannya kepada Danrem menyebutkan bahwa saat ini Gunung Sinabung berada pada status Level III (Siaga). (Jhonny Simatupang)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *