Sibolga, SeputarTapanuli.com – Dalam rangka perayaan dan peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-75 Republik Indonesia (RI), Bank Indonesia (BI) mencetak dan mengeluarkan uang khusus pecahan baru senilai Rp75.000 dengan nama Uang Peringatan Kemerdekaan (UPK) ke-75. Kantor Perwakilan (KPw) BI Sibolga, Sumatera Utara (Sumut) kebagian jatah sebanyak 700 ribu lembar untuk 16 Kabupaten/Kota.

Kepala KPw BI Sibolga, Suti Masniari Nasution mengatakan, uang pecahan khusus itu dikeluarkan dan dicetak BI saat ajang tertentu seperti 25 tahun kemerdekaan dan 50 tahun kemerdekaan dan beberapa event-event tertentu.  Dan untuk mendapatkan UPK ke-75, masyarakat harus melakukan pemesanan jadwal dan lokasi penukaran secara online pada aplikasi Pintar di website BI melalui tautan https://pintar.bi.go.id dengan mengisi formulir pemesanan.

“Syaratnya, Warga Negara Indonesia (WNI) dan memiliki Kartu Tanda Penduduk (KTP),” kata Suti, Selasa (18/8).

Suti menjelaskan, periode pemesanan penukaran, jadwal dan lokasi penukaran terdiri dari dua tahap. Tahap satu, dari 17 Agustus–30 September 2020, dengan tempat penukaran di Kantor Pusat (KP) BI dan 45 Kantor Perwakilan BI Dalam Negeri (KPwDN) di seluruh Propinsi dan beberapa kota/kabupaten. Tahap dua, dari 1 Oktober 2020–selesai, dengan tempat penukaran di BI (KP dan KPw DN) dan Bank Umum yang ditunjuk.

“Setelah melakukan pemesanan melalui aplikasi Pintar dan mengisi syarat tersebut, untuk penukarannya harus membawa bukti pemesanan dalam bentuk hard copy atau digital dan melakukan penukaran pada waktu dan lokasi yang telah dipilih. Penukaran dapat dilakukan paling cepat satu hari setelah pemesanan dilakukan, sepanjang kapasitas penukaran UPK 75 Tahun RI pada waktu dan lokasi yang dipilih masih tersedia,” ujarnya.

Khusus untuk BI Sibolga yang mendapatkan kuota/jatah sebanyak 700.000 lembar UPK Rp75.000 HUT ke-75 RI ungkap Suti, sejak resmi diluncurkan dan diedarkan pada peringatan HUT ke-75 Kemerdekaan RI pada 17 Agustus 2020, pemesanan lewat aplikasi pintar telah penuh hingga jadwal 3 September 2020. Sementara jadwal penukaran untuk 4 September 2020 hingga seterusnya belum dibuka.

“Ini membuktikan masyarakat cukup antusias untuk mendapatkan UPK Rp75.000 tersebut. Terbukti banyak masyarakat yang menghubungi kami karena nggak bisa pesan karena jadwal pemesanan melalui aplikasi keburu penuh,” tukasnya. (Jhonny Simatupang)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *